Senin, 18 April 2011

contoh e-government

Contoh Analisis Situs E-Government Provinsi Kepulauan Bangka Belitung
December 2nd, 2009 • Related • Filed Under
Filed Under: Pendidikan

Dari situs e-government provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang beralamatkan di www.babelprov.go.id saya menganalisis situs pemerintahan tersebut berdasarkan :

1. Selayang Pandang

* Untuk profil provinsi ini, kita dapat mengetahui informasi mengenai sekilas sejarah provinsi Bangka Belitung yang berada pada urutan pertama dalam profil provinsi ini. Sejarah terpentuknya provinsi Bangka Belitung berisi asal mula provinsi ini yang pada zaman dahulu merupakan dua pulau besar yaitu pulau Bangka dan pulau Belitung serta pulau-pulau kecil lainnya.
* Visi dan misi dipaparkan dengan sangat jelas dalam situs ini.
* Lambang serta arti dari lambang untuk provinsi Bangka Belitung ini dipaparkan dengan sangat jelas dan terperinci.

2. Pemerintahan

* Dalam situs ini tidak dijelaskan mengenai struktur organisasi yang ada pada Pemda yang bersangkutan, baik dalam pemerintahan eksekutif maupun legislative sehingga masyarakat luas sulit untuk mengetahui biodata dari pejabat daerah mereka.

3. Geografi

* Kondisi kepulauan Bangka Belitung yang berisi tentang kondisi geografi yang dibagi lagi menjadi letak astronomi, letak geografi, serta luas wilayah dari provinsi ini.
* Selain itu, kondisi kepulauan Bangka Belitung yang antara lain berisi tentang iklim, keadaan alam, ketinggian dataran rendah, ketinggian daerah pegunungan, serta ketinggian daerah perbukitan dari permukaan laut.

4. Peta Wilayah dan Sumber Daya

* Dalam situs ini, tidak disertakan peta wilayah dari provinsi yang bersangkutan. Hal ini sangat disayangkan karena peta wilayah merupakan salah satu aspek yang cukup penting, karena peta wilayah dapat digunakan sebagai panduan orang-orang yang ingin berlibur ke provinsi kepulauan ini.
* Sektor pertanian dan kehutanan

Untuk sektor pertanian, terdapat beberapa subsector sebagai pengembangan dalam bidang pertanian. Subsektor itu antara lain subsector tanaman pangan dan holtikultura, subsektor perkebunan, dan subsektor peternakan. Sedangkan untuk sektor kehutanan, dijelaskan mengenai luas kawasan hutan serta hasil hutan yang dapat dihasilkan pada provinsi tersebut.

* Sektor perikanan dan kelautan

Untuk sektor perikanan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didominasi oleh perikanan laut karena lokasi daerah ini secara geografis dikelilingi oleh lautan dan selat. Selain sumber daya laut, daerah ini juga memiliki potensi untuk budidaya air tawar dan payau.

* Sektor perindustrian dan perdagangan

Dijelaskan mengenai industri yang sangat potensial untuk dikembangkan yaitu industri kerajinan seperti : kerajinan pewter, akar bahar, batu satam, renda, kopiah resam, dan rotan. Untuk industri menengah yang telah dikelola seperti industri tepung kaolin, batu granit, pembuatan batu bata yang bahannya berasal dari bahan galian golongan c, juga industri pengolahan karet, kelapa sawit, pengolahan kayu dan pendukung usaha perikanan yaitu pabrik es.

* Sektor pertambanngan

Dalam situs ini dipaparkan mengenai potensi bahan tambang yang dimiliki oleh masing-masing wilayah dalam provinsi ini.

5. Peraturan/Kebijakan Daerah

* Satu lagi yang menjadi kekuranngan dalam situs pemerintahan ini, yaitu tidak adanya peraturan maupaun kebijakan daerah sehingga masyarakat tidak dapat mengetahui kebijakan dan peraturan yang ada di daerah mereka.

6. Buku Tamu

* Pada situs ini terdapat menu buku tamu yang dapat kita gunakan untuk memberikan pertanyaan, baik berupa komentar, saran, kritik, maupun pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan kepulauan Bangka Belitung.
* Selain itu, menu interaktif lainnya yang terdapat pada situs ini yaitu berupa menu forum yang dapat memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi mereka langsung kepada Pemerintah daerah provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar