Sabtu, 19 Maret 2011

Dial-up

Dial-up
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopediabebas
Dial-up connectionataudial-upsajaadalahistilahteknologiinformasidalambahasaInggris yang mengacukepadaaksesInternetdenganmenggunakanjalurtelepontetapatauteleponbergerak. Pertama-tama, komputermelaluimodemmelakukanpemanggilantelepon (dial-up) kePenyelenggaraJasa Internet.SetelahterhubungmakakomputerdapatsegeramengaksesInternetdankemudianmengakhirikoneksidenganmemutuskanhubungantelepon.
Artikelbertopikteknologiinformasiiniperludirapikan agar memenuhistandar Wikipedia
Merapikanartikelbisaberupamembagiartikelkedalamparagrafatauwikifikasiartikel. Setelahdirapikan, tolonghapuspesanini.
Masihbanyakorang yang mempergunakanlayanan Dial-uinidisebabkanketidakmampuanmendapatkanlayananhubungankecepatantinggi (high-speed Internet connection), karenaketerbatasanbiayadan area geografis.
Untukmelakukan Dial-up Connection, dibutuhkanperangkat-perangkatsebagaiberikut:
• Perangkatkeras (hardware):
o Komputer
o Modem
o SaluranTelepon
• PerangkatLunak (software): padaumumnyadisediakanoleh ISP dimanakitaberlangganan.
• Username (login) dan Password: disediakanoleh ISP dimanakitaberlangganan, login tidakdapatdigantisedangkan password dapatkitagantisendirisecaraberkalauntukmenjagakeamanan.


Yang perlukitalakukanadalah:
• Berlangganankesalahsatu ISP terdekat
• Memasang modem kekomputerkita
• Meng-install software Internet yang disediakanoleh ISP
• Menghubungkandiri (dial-up) ke ISP
Setelahkomputerterhubungke ISP makasaatitu pula komputersudahdapatterhubungke Internet dankitadapatmemulaipenjelajahan di Internet.Hubunganke Internet hanyaterjalinselamamempertahankankoneksikomputerkitake ISP melalui modem.Begitukitamemutuskanhubungan modem ke ISP makasaatitu pula kompuerterputusdari Internet.
Hubungan yang kitalakukanke ISP adalahhubunganlokal (menggunakanpulsateleponlokal) namunkitasudahbisamenjelajahi Internet danmengunjungitempat-tempat lain di seluruhdunia.Tentunya ‘kunjungan’ kitaketempat-tempat lain tersebutbersifatmaya (tidaknyata) karenakitahanyadapatmelihat-lihatinformasi yang terkandung di komputer-komputer lain di seluruhdunia yang terhubungke Internet.Karenasifatnya yang mayainilahmaka Internet dikenalsebagaicyberspace (duniamaya).
Dial-up Connection inipadaumumnyadigunakanolehpribadi-pribadi yang menginginkanuntukmengakses Internet darirumah. Komputer yang digunakanuntuk dial-up padaumumnyaadalahsebuahkomputertunggal (bukanjaringankomputer)
Contohmenghubungkanlewat ISP “TelkomNetInstan”

Dalammenghubungkandirike Internet, adabeberapalangkah yang dilakukanolehkomputer, yaitu :
• Dialing (memanggilnomor, misal 080989999)
• Verifying Username (memverifikasikannamapenggunadansandi)
• Handshaking ("berjabattangan", artinyamenyeragamkan parameter koneksi)
• Connecting (menghubungkandirike Internet).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar