Kamis, 03 Maret 2011

PEMAMPAATAN INTERNET DALAM KEDOKTERAN

PEMAMPAATAN INTERNET DALAM KEDOKTERAN
INTERNET, suatu jaringan yang menghubungkan satu kelompok informasi lokal dengan lainnya menjadi satu kesatuan sistem yang dapat diakses dari seluruh penjuru dunia melalui kabel telepon, adalah merupakan salah satu produk dalam era Komuniaksi Eektronik Terkini.Meskipun kecanggihan internet tidak diragukan, namun ternyata kehadirannya dalam profesi kedokteran telah mengkibatkan timbulnya 2 kelompok dokter. : satu pihak adalah kelompok dokter yang mau menerima, meningkatkan diri dan kemudian memanfaatkan berbagai kemudahan yang tersedia, dan dilain pihak adalah kelompok dokter yang dengan berbagai argumentasi enggan menerima kehadiran internet dan masih bertahan pada pola sistem informasi lama.
Sebagimana telah terukir dalam sejarah peradaban manusia, bahwa peluang bagi mereka yang mampu baca-tulis akan berbeda dengan mereka yang buta-huruf, demikian pula halnya dengan Internet. Sebagai saran komunikasi, kelak kecanggihan yang terkandung dalam internet, tampaknya sudah merupakan tuntutan yang tidak dapat dihindari lagi. Proses seleksi alamiah akan langsung dengan sendirinya dan sudah baerada di ambang pintu.

Beranjak dari hal di atas, materi makalah ini ditujukan khususnya bagi kalangan medis yang belum mengenal internet. Dengan demikian uraian akan bersifat global, namun menyeluruh dan dititik beratkan pada pengenalan internet serta manfaatnya dalam dunia kedokteran. Segi-segi praktis yang menyangkut program aplikasi maupun teknis operasional yang umumnya akan lebih menarik bagi penggemar internet tingkat lanjut, dalam kesempatan yang terbatas ini tidak disinggung secara mendalam.

Semoga uraian makalah ini akan dapat menggugah minat untuk melanglang-buana di seluruh belahan dunia melalui internet dan pada saatnya nanti akan dapat menghasilkan lebih banyak lagi SDM untuk mengaplikasikan Internet dalam menunjang efisiensi sistem informasi internal.

PEMAMPAATAN TEKNOLOGI PERIKANAN
Menghasilkan tenaga sarjana perikanan yang memiliki keahlian dalam menangkap, mempertahankan mutu, dan memasarkan hasil tangkapan ikan.
Menghasilkan tenaga sarjana perikanan yang menguasai dan mampu menerapkan ilmu dan teknologi pemanfaatan sumberdaya perikanan secara efektif dan efisien untuk peningkatan gizi dan kesejahteraan masyarakat tanpa mengabaikan kelestarian sumberdaya Perikanan

PEMAMPAATAN TEKNOLOGI PEMERINTAHAN
Salah satucontohaplikasilainadalahpenggunaan web untukmenampilkanhasilpemilu yang barulalu. Pengguna Internet di manasajadapatmelihathasilpemilusecara on-line dan real-time di http://www.kpu.go.iddan http://www.hasilpemilu99.or.id. Hal inimemberikanketerbukaan (transparansi) pada proses pemilu. Hasilnyadapatkitalihatbahwatidakbanyak orang yang mengeluhkanmasalahhasilpemilu yang barulalu.
Implikasi IT dan Internet kepadabidangPemerintahan agar kurangbanyakdibahas, meskipunistilahe-government seringmunculdalamtulisandanpemberitaan.IT dan Internet memaksapemerintahuntukmenjalankanpemerintahandengantransparan.Pejabat-pejabatharusdapatdihubungimelalaui e-mail.Birokrasiuntukmelakukanpelaporandapatdikikisdenganmenggunakan Internet.
Aplikasi IT yang berhubungandenganpemerintahaanadalahaplikasi yang dapatmendekatkanpejabatdenganrakyatnya.Town house meetingdapatdilaksanakanmelalui teleconferencing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar